Sejarah

teras

Biologi Universitas Hasanuddin didirikan pada tahun 1963. Kala itu, Biologi masih menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam (FIPPA). Dari awal terbentuknya hingga tahun 1986, mahasiswa hanya dapat menempuh studi hingga jenjang Sarjana Muda. Untuk menyelesaikan studi hingga Sarjana Lengkap, lulusan Biologi Unhas harus melanjutkan studinya ke pulau Jawa.

Pada periode berikutnya (1977-1982), FIPPA dan Fakultas Teknik dilebur menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Selanjutnya, berdasarkan Keppres No. 68/1982 bagian Biologi ditingkatkan statusnya menjadi jurusan Biologi di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Setelah menempati Kampus lama Baraya selama 24 tahun, pada tahun 1987, jurusan Biologi pindah ke kampus baru yang lebih luas di Tamalanrea. Mahasiswa Biologi juga telah dapat menyelesaikan studinya hingga tingkat Sarjana lengkap. Selama satu dekade ini (1986-1995), jurusan  Biologi dipercaya untuk mendidik calon guru Biologi SMA di Kawasan Timur Indonesia melalui program Diploma Tiga (D-3) Biologi.

Selanjutnya, antara tahun 2006-2010, FMIPA mengelola kembali Program Pendidikan Calon Guru Berasrama Biologi Pendidikan yang merupakan kerja sama antara Departemen Pendidikan Nasional-UNHAS. Sejak UNHAS berstatus perguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH) tahun 2015 dengan statuta yang baru (2016), nama jurusan Biologi diubah menjadi Departemen Biologi. Kini, Departemen Biologi sedang dalam proses mendirikan program studi S-2.