Pengabdian pada Masyarakat

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Depatemen Biologi adalah sebagai berikut:

Tahun 2015

  1. Peningkatan Pendapatan Industri Rumah Tangga Nata De Coco.dengan Penggunaan Starter Unggulan dan Pemanfaatan Limbahnya di Malili Kabupaten Luwu Timur.

Tahun 2016

  1. Sosialisasi Pengenalan Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin dan Teknik Pembuatan Lubang Biopori di SMA Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.
  2. Pelatihan Pembuatan Lubang Resapan Biopori dan Percepatan Pembentukan Biopori dengan Introduksi Kokon Cacing Tanah Lumbricus rubellus di Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.
  3. Pembuatan Sirup Madu Virgin Coconut Oil sebagai Obat Herbal dan Potensinya sebagai Produk Industri Rumah Tangga di Kabupaten Takalar.
  4. Sosialisasi Pemanfaatan Bahan Alam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Taipa, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar.
  5. Sosialisasi Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Takalar berjudul Potensi Cacing Laut sebagai Bahan Pangan Alternatif.
  6. Sosialisasi Pengenalan Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin pada Siswa-Siswi SMA Se-Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.
  7. Pelatihan Pembuatan Herbarium dan Taxidermi bagi Kader Konservasi Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.