Mahasiswa dan Alumni Biologi F.MIPA UNHAS Mengibarkan Merah Putih di Bawah Laut Bira dan Turut Memecahkan Rekor Dunia di Manado

Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu yang sering dilakukan adalah pengibaran bendera merah putih di tempat-tempat yang tidak biasa. Salah satunya adalah di bawah laut. 

Pada hari kemerdekaan tahun 2019 ini, Manado menjadi saksi tiga rekor dunia sekaligus yaitu rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air, yang telah dipecahkan pada tanggal 1 Agutus 2019, serta rekor Penyelaman Massal Terbanyak dan Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air yang dipecahkan pada tanggal 3 Agutus 2019. 

Rekor Penyelaman Massal Terbanyak diikuti oleh 3131 penyelam yang berasal dari berbagai dalam dan luar Indonesia seperti Malaysia, Australia, Amerika, dan Mesir. Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang pernah dipecahkan oleh Indonesia di Pantai Malalayang, Manado tahun 2009 dengan jumlah penyelam sebanyak 2,465 penyelam. Sementara rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air yang telah dipecahkan, mampu mengalahkan rekor sebelumnya yang dilakukan Australia pada 2017 dengan ukuran bendera 166,62 m2. “Untuk rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air dulunya dipegang Australia dengan 166,62 m2, bendera Indonesia mencapai 1014 m2.” Demikian disampaikan oleh Guinness World Records Adjudicator, Solvej Malouf, di area pemecahan rekor di Pantai Manado, Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara.

Pada kegiatan pemecahan rekor itu, ada seorang mahasiswa dan alumni Biologi F.MIPA Unhas yang berpartisipasi yaitu Maria Rima Yulianti (2014) dan Mudatsir Zainuddin, S.Si. (2006) . Sementara itu di Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, dilakukan juga kegiatan pengibaran bendera raksasa di bawah laut dengan ukuran bendera 4,7 x 28 meter. Kegiatan ini diikuti oleh 60 peyelam dari berbagai daerah dan juga wisatawan asing yang turut berpartisipasi menggelar pengibaran bendera raksasa di bawah laut Bira pada kedalaman 15 m.

Rima dan Aci sesaat setelah memecahkan rekor dunia menyelam di Manado, 3 Agustus 2019

Club selam Departemen Biologi F.MIPA Unhas, Biological Celebes Diving Club (BCD Club UNHAS) turut berpartisipasi dan mengirim delegasi dalam kegiatan tersebut. Adapun beberapa peserta yang turut andil dalam acara tersebut yaitu Hardiono (2015), Agus Rahman Eka Putra Abas (2015) dan Wahyul Fatwatul Umam AS (2011). 

Suasana pengibaran bendera bawah laut di Bira, Bulukumba

Sebelum pengibaran, dilakukan pengarahan dan simulasi. Hal ini ditujukan untuk memperlancar prosesi pengibaran bendera di bawah laut dan agar setiap penyelam dapat mengetahui tugas mereka masing-masing. Setelah semua dianggap siap, maka dilakukan kirab bendera diiringi tarian tradisional. 

Pengibaran berlangsung hikmat dan berlangsung selama 45 menit. Usai kegiatan pengibaran bendera, kegiatan ini dilanjutkan dengan aksi trasplantasi terumbu karang untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang dan eksistensi biota laut lainya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *