PPMDU-IBW: Inovasi Poto Poto Spirulina di Kecamatan Sinjai Utara

Produk kuliner kue Poto poto sudah sangat terkenal dan merupakan ciri khas dari Kabupaten Sinjai. Bahan baku yang sudah umum digunakan dan merupakan standar pembuatan kue ini adalah terigu, santan, telur dan gula serta dikemas dalam kemasanplastik. Poto poto di konsumsi oleh semua tingkatan umur. Saat ini diketahui bahwa jumlah produsen yang semakin banyak dalam memproduksi Kue Poto poto ini sehingga tingkat persaingan cukup tinggi dan pada umumnya ibu rumah tangga dan remaja putri yang tergabung dalam suatu UMKM akan kesulitan dalam memasarkan produk tersebut karena persaingan dengan produsen dengan modal yang cukup besar. Selain itu penurunan jumlah omzet produksi dari UMKM karena cita rasa dari produkkuetersebuttidakpernahdimodifikasisehinggaseringkonsumentidaktertarik untuk membeli dan biasanya peminat hanya pendatang yang berasal dari luar kota yang jumlahnya yang tidak besar.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi dengan cara memodifikasi produk kue Potopoto ini menjadi suatu bahan pangan yang kaya dengan gizi serta mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda dan dapat menarik minat masyarakat konsumen untuk mengkonsumsinya. Produk kue ini dapat ditambahkan dengan fitoplankton Spirulina yang kaya dengan protein, karbohidat, vitamin dan terutama asam lemak esensial DHA dan EPA yang sangat penting bagi anak anak, ibu hamil dan menyusui serta orangtua.

Spirulina adalah sumber nutrisi yang terbaik yang kandungannya semuanya berasal dari alam. Spirulina termasuk ke dalam jenis tumbuhan air bersel satu dengan kategori Cyanobacteria atau mikroalga yang memiliki bentuk menyerupai spiral. Kandungan gizi yang sangat tinggi ini sehingga menarik banyak produsen untuk memproduksi menggunakan  Spirulina sebagai salah satu bahan baku dalam industri pangan.

Spirulina adalah fitoplankton laut bagian dari mikroalga yang sangat berpotensi di dalam kehidupan salah satunya sebagai bahan makanan karena cakupan gizi yang terdapat dalam fitoplankton laut ini meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak essensial DHA dan EPA sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif makanan bergizi.

Kegiatan PPMDUIBW yang berjudul Inovasi Poto poto Spirulina Sinjai dilaksanakan dalam Rangka Dies Natalis Unhas ke62 yang dilaksanakan di Kabupaten Sinjai. Pengabdian ini bertujuan menambah wawasan pengetahuan masyarakat akan peningkatan gizi masyarakat dan sekaligus dapat digunakan sebagai usaha rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Pengabdian ini dilakukan dengan kerjasama dengan PEMDA Kab.Sinjai dan untuk kelanjutan kegiatan ini dibantu dengan mitra dari perguruan tinggi yaitu IAIM Sinjai. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan budidaya Spirulina yang dapat dilakukan di Pesantren Darul Istiqomah yang merupakan mitra dari IAIM Sinjai. Budidaya Spirulina ini diharapkan dapat juga menjadi sumber pekerjaan dan penghasilan dalam hal penyediaan bahan baku tepung Spirulina. Kegiatan selanjutnya adalah sosialisasi dan pelatihan pembuatan tepung Spirulina menjadi kue kue Poto poto Spirulina yang bekerjasama dengan UMKM yang ada di Sinjai.

Diharapkan mitra dapat mengetahui manfaat Spirulina, mengetahu metode pembuatan kue Poto poto Spirulina sehingga dapat melakukan inovasi produk Poto poto Spirulina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *