Penguatan Kapasitas Mahasiswa dalam Penyusunan Proposal PKM yang Kompetitif

Kementerian Ristek Dikti telah menjadikan PKM sebagai salah satu indikator penting di dalam system perangkingan perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini menyebabkan prestasi mahasiswa pada kegiatan PKM menjadi salah satu barometer perguruan tinggi yang berkualitas.

Salah satu bentuk kegiatan kemahasiswaan yang mendapatkan apresiasi tinggi oleh dikti adalah kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Salah satu indikasi prodiyang berkualitas adalah kualitas dan kuantitas proposal PKM yang berhasil didanai oleh dikti. Usulan aktifitas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal PKM sehingga dapat meningkatkan jumlah proposal PKM yang berhasil disubmit dan mendapatkan pendanaan.

Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Hasanuddin telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi mahasiswa pada kegiatan PKM, antara lain : sosialisasi kepada dosen dan mahasiswa secara langsung. Namun, upaya tersebut belum optimal dalam meningkatkan pencapaian proposal PKM yang didanai Dikti, dimana pada tahun 2017, cuma terdapat 4 proposal yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Dikti.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan melakukan workshop pengenalan program PKM kepada semua mahasiswa Dept.Biologi yang dikuti kurang lebih 100 orang mahasiswa dan dosen dalam ruang lingkup Dept.Biologi. Dalam kegiatan ini mahasiswa sudah mulai membentuk kelompok PKM yang melibatkan angkatan 2016, 2017 dan 2018.

Setelah itu dilakukan FGD yang diikuti oleh kelompok PKM mahasiswa yang sudah terbentuk dimana dilakukan diskusi tentang topik dan materi proposal PKM bersama sama dengan dosen pendamping akhirnya mahasiswa mengajukan 19 judul proposal PKM dan setelah dilakukan pendampingan diperoleh 19 proposal PKM.

Setelah itu dilakukan seleksi awal dan review proposal PKM yang dilakukan oleh Tim PKM Pusat  dan hasil dari seleksi awal tersebut proposal PKM yang diajukan yang diusulkan sebanyak   19  proposal PKM untuk diajukan ke seleksi tingkat Universitas dan selanjutnya di tingkat pusat.

Seluruh rangkaian kegiatan ini diadakan di Gedung Sains Building FMIPA Unhas pada tanggal 22 September 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *