Penyusunan Rancangan Metode Asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin mempunyai tujuan yaitu menghasilkan lulusan yang unggul dalam menerapkan serta mengembangkan biologi dan  rekayasanya untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati dan lingkungan yang berkelanjutan berbasis benua maritim.Dengan demikian diharapkan setiap lulusan dari Prodi biologi FMIPA UNHAS mampu mengembangkan biologi dan rekayasanya untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya hayati dan lingkungan secara berkelanjutan yang berbasis benua maritim.

Prodi Biologi  telah memperoleh Akreditasi A dari BAN PT  sebanyak dus kali berturut-turut, sehingga mendorong Prodi Biologi untuk melanjutkan  ke Akreditasi Internasional ASIIN. ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika, dan sains. Hal penting yang harus ditunjukan untuk mendapat pengakuan ASIIN adalah program studi sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran Outcome Based Education (OBE).

Prinsip OBE adalah pendidikan telah direncanakan sebelumnya meliputi kurikulum, metode pembelajaran dan asesmen yang  dikaitkan dengan tujuan program. Diharapkan lulusan akan memiliki pengetahuan, skill dan sikap/perilaku yang kompeten sehingga semua lulusan akan memenuhi capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini dapat terlaksana jika sarana dan prasarana telah memadai pada setiap prodi.

Prodi Biologi sejak tahun 2013- 2017 telah menyelenggarakan PPKPS melalui Dana BOPTN. Program yang telah dilakukan pada tahun 2013 adalah:  pembuatan kurikulum, GBRP, buku ajar, SOP Jurusan, peningkatan kualitas SIM/LMS serta magang Dosen.  Sedangkan pada tahun 2014  penyempurnaan dari Program tahun 2013, dan program tahun 2017 adalah penyempurnaan dari 2016. Pada tahun 2018 program PPKPS difokuskan pada penguatan implementasi kurikulum berbasis OBE yang difokuskan pada penyusunan dokumen kurikulum, modul pembelajaran inovatif dan dokumen rancangan metode pengukuran CP lulusan  dan hasilnya.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 3-4 November 2018 di Hotel Arthama Makassar. Sebagai pemateri adalah Pepen Arifin, M.Sc, Ph.D, ketua LPMPP Institut Teknologi Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *