Ifka Widya Sari: Mahasiswi Biologi Berprestasi

Salah seorang mahasiswi Biologi FMIPA UNHAS angkatan 2016,  Ifka Widya Sari, berhasil meraih juara pertama pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke XV (POMNAS XV) di Makassar.

Medali emas cabang olah raga Karate kategori kumite perseorangan putri kelas <50 kg berhasil di raih Ifka setelah sebelumnya berhasil mengalahkan lawan-lawannya dari seluruh penjuru tanah air. Selain medali emas, Ifka juga berhasil meraih medali Perak kategori kumite beregu putri kelas <50 kg pada kejuaraan yang sama.

Ifka Widya Sari

Saat ditemui, gadis manis kelahiran Ujung pandang 27 Mei 1997 ini menceritakan secara singkat kiprahnya di bidang olah raga Karate. Menurutnya, olahraga Karate telah ditekuni sejak kecil. Saat itu sang bunda tertarik melihat sekelompok remaja sedang berlatih Karate di halaman Balaikota.  Akhirnya, Ifka yang saat itu masih kelas 3 SD didaftarkan oleh ibunya untuk berlatih Karate.

Ifka berlatih karate aliran Shotokan pada perguruan Institut Karatedo Nasional (INKANAS) dan saat ini telah mencapai level sabuk hitam Dan I. Berbagai kejuaraan telah diikuti, baik kejuaran Daerah (Kejurda), Kejuaraan Nasional (Kejurnas) maupun Internasional. Bahkan, Ifka telah melanglang buana mengikuti kejuaraan Karate hingga ke benua Eropa.

Saat meraih medali emas pada kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS XIX) di Makassar.

Berbagai kejuaraan Karate telah diikuti oleh putri kesayangan Bapak H. Muslimin dan Hj. Sugira ini. Diantaranya adalah: First Southeast Asian Karate-Do Championship tahun 2012 di Bangkok Thailand, Second Southeast Asian Karate-Do Championship tahun 2013 tahun 2013 di Filipina, 12th AKF Cadet, Junior and U-21 Championship tahun 2012 di Tashkent Uzbekistan,  Third Southeast Asian Karatedo Federation Championship tahun 2014 di Vietnam, 14th AKF Cadet, Junior and U-21 Championship tahun 2014 di Kuala Lumpur Malaysia dan Pekan Olahraga Nasional (PON XIX) tahun 2016 di Bandung Jawa Barat.

Saat meraih mengikuti Kejuaraan di Vietnam (kiri) dan Malaysia (Kanan).

Ketika ditanya bagaimana kiat sukses untuk meraih prestasi dengan sedikit tersipu malu, gadis yang berhasil masuk di jurusan Biologi melalui jalur Prestasi, Olahraga, Seni dan Keterampilan (POSK) ini menjelaskan bahwa untuk meraih prestasi setiap mahasiswa harus berlatih keras, tekun belajar dan dapat membagi waktu dengan baik.  Pihak kampus juga memberikan dukungan berupa dispensasi (kelonggaran) saat Ifka berlatih dan mengikuti kejuaraan.

Piagam Penghargaan saat mengikuti PON XIX/206 Jawa Barat

Pengalaman paling berkesan yang dirasakan Ifka selama mengikuti kejuaraan Karate  adalah saat bertanding melawan atlet senior peraih medali SEAGAMES pada  PON XIX di Bandung. Pada pertandingan ini, untuk pertama kalinya,  Ifka dikategorikan sebagai atlet Senior. Pengalaman paling berkesan berikutnya adalah bisa mengunjungi berbagai negara di Asia dan Eropa.

Setelah lulus dari kuliah di Jurusan Biologi dan berhenti menjadi atlet Karate, Ifka bercita-cita untuk menjadi pelatih Karate dan membuka cabang perguruan INKANAS sendiri (DP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *