PPKPS Hotel IBIS

Didasari dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penetapan Unhas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum menunjukkan bahwa pemerintah dan masyarakat memberikan otonomi yang lebih luas kepada Unhas untuk  meningkatkan mutu penyelenggaraan tri dharma guna memperkuat daya saing internasional yang akuntabel.  Salah satu rencana pengembangan Unhas 2030 atau RP Unhas 2030 adalah reputasi internasional yang akan mendukung Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai Universitas kelas dunia. Usaha untuk mewujudkan Unhas menjadi universitas  kelas dunia memang tidak mudah. Pada bidang riset misalnya, kelemahan utama lebih disebabkan oleh motivasi dosen untuk meneliti yang umumnya hanya berorientasi pada kenaikan pangkat kepegawaian. Sementara itu sivitas akademika Unhas merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi mampu untuk menulis hasil penelitian tersebut dalam media publikasi  bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Hal tersebut diharapkan  dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dan peneliti akan memiliki manfaat dan nilai lebih bila dipublikasikan secara luas pada jurnal yang terindeks. Penulisan paper untuk publikasi ilmiah mempunyai aturan dan tatacara tersendiri. Tulisan tersebut harus disusun secara sistematis, agar mudah dipahami oleh masyarakat umum dan memiliki arti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Penulisan artikel ilmiah bertaraf internsional lebih sulit untuk dilakukan karena selain kemampuan bahasa Inggris peneliti dalam menuliskan hasil penelitiannya yang harus dipahami oleh penulis juga tata cara penulisan yang berbeda beda pada setiap jurnal harus diketahui oleh penulis sebelum memasukkan naskah jurnal pada jurnal yang dituju yang dikenal dengan istilah submit. Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah ke dalam jurnal internasional dilakukan dengan mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah bertaraf internasional untuk dosen-dosen Prodi Biologi FMIPA Unhas.

Departemen Biologi telah melalukan berbagai upaya dalam meningkatkan jumlah artikel yang berhasil disubmit pada jurnal internasional terindeks scopus, diantaranya adalah melalui sossialisasi dan workshop. Hasil dari kegiatan tersebut tentunya meningkatkan kemampuan dosen dalam mempublikasikan artikel pada jurnal internasional bereputasi. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya 5 artikel terindeks scopus yang publish pada tahun 2016 yang kemudian meningkat menjadi 7 pada tahun 2018.  Salah satu penyebab peningkatan publikasi tersebut adalah adanya kegiatan PPKPS 2016 dan 2017 yang sangat membantu dosen dalam penyusunan artikel dan cara publikasi pada jurnal Internasional terindeks scopus. Namun, mengingat jumlah dosen di Biologi yang berjumlah 30 orang, maka rasio publikasi dengan jumlah dosen masih sangat kecil.

Oleh karena itu Prodi Biologi melaksanakan kegiatan bagi staff akademik maupun mahasiswa S2 Biologi dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas penulisan karya ilimiah yang akan dipublikasikan pada jurnal international bereputasi (SJR Q1, Q2 atau Q3). Kegiatan yang akan dilakukan yaitu berupa Workshop dan Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Ibis Makassar pada tanggal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *