TOPDAM XIV Hasanuddin memberikan Kuliah Navigasi Darat di Departemen Biologi UNHAS

Tim Topografi Daerah Militer (TOPDAM) XIV Hasanuddin memberikan kuliah “Pengenalan Umum Navigasi Darat” kepada mahasiswa Biologi Universitas Hasanuddin pada tanggal 6 November 2017 di Departemen Biologi UNHAS.

Acara ini diawali oleh Mayor Ctp. Toto Suparto yang menjelaskan defenisi dan pengenalan navigasi darat dilanjutkan oleh Mayor Ctp. Abdul Muis Nur, S.Si yang menjelaskan tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada mahasiswa Biologi.

Mayor Ctp. Toto Suparto sedang menjelaskan pengenalan navigasi darat

Mayor Ctp. Toto Suparto dalam presentasinya banyak memaparkan tentang pentingnya penguasaan pengetahuan navigasi darat bagi tentara dalam melaksanakan tugas di lapangan. Salah satu contoh pengalamannya terkait penguasaan navigasi darat adalah saat bertugas mengawasi dan memeriksa patok-patok batas negara di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan.

Pemaparan materi wawasan kebangsaan dan prospek lulusan departemen Biologi oleh Mayor Ctp. Abdul Muis Nur, S.Si

Mayor Ctp. Toto Suparto yang juga dikenal sebagai instruktur Topografi (TOPDAM) XIV Hasanuddin menegaskan pentingnya penguasaan navigasi darat bagi mahasiswa Biologi saat melakukan penelitian di alam terbuka, gunung, laut dan rimba belantara. Selain untuk kepentingan penjelajahan di alam bebas, pengetahuan navigasi darat juga penting dalam bidang SAR (Search and  Rescue) seperti: proses pencarian orang hilang, pemberian bantuan kemanusiaan dan evakuasi korban bencana alam.

Penyerahan Cendera mata oleh Sekertaris Departemen Biologi FMIPA UNHAS kepada Pemateri

Pada sesi kedua, Mayor Ctp. Abdul Muis Nur, S.Si selaku alumni jurusan Biologi UNHAS Angkatan 1990 juga banyak menjelaskan tentang prospek masa depan dari sarjana lulusan Biologi FMIPA UNHAS. Selain sebagai dosen, guru, peneliti, dan swasta, alumni Biologi juga dapat menempuh jenjang karir militer sebagai tentara profesional. Alumni Biologi dapat bekerja sebagai analis mikrobiologi di laboratorium Rumah Sakit militer, sebagai peneliti dalam mengembangkan senjata Biologis, sebagai tentara dalam bidang Topografi dan Nautika.

Sesi foto bersama antara pemateri dengan sebagian peserta Kuliah Umum

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah  pengetahuan tentang navigasi darat dan menambah wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air khususnya bagi generasi muda. Sebagai langkah tindak lanjut dari kuliah tamu ini, rencananya akan dilakukan pelatihan tentang teknik navigasi  dan membaca peta di lapangan menggunakan kompas serta  teknik bertahan hidup di alam bebas (DP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *